RknEVXxrBro8xxGabr0qIY9Q_XU

Monday, November 5, 2012

Corel Draw


Corel Draw merupakan software aplikasi desain yang dibuat dan diluncurkan oleh Corel Corporation, yakni perusahaan besar piranti lunak yang berpusat di Ottawa. Software aplikasi desain ini dibuat oleh Michel Bouillon dan Pat Beirne kurang lebih memakan waktu 2 tahun (1987-1989). Corel Draw sendiri mampu berjalan pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS, meski dalam perkembangannya penjualan Corel Draw pada versi Linux dan Mac OS dihentikan karena respon dari masyarakat kurang bagus.

Untuk mengulas Corel Draw lebih jauh, anda perlu mengenal terlebih dahulu pengertian dari editor grafis berbasis vektor. Corel Draw seperti Inkspcape dan Raven Vector Editor memang pengolahannya berbeda jika dibandingkan dengan Adobe Photoshop atau Adobe in Design.

Lantas apa sebenarnaya editor grafis vektor dengan editor grafis yang pada umumnya berbasis bitmap?
Vektor merupakan besaran (Magnitude) dan arah (Direction). Editor grafis yang berbasis vektor tersusun oleh kurva (Path). Kurva sendiri terdiri dari garis dan titik (anchor Point). Sementara software aplikasi desain berbasis bitmap seperti Adobe Photoshop dimana tersusun dari banyak sebaran titik yang disebut picture element (Pixel).

Editor grafis berbasis vektor dengan editor grafis yang berbasis bitmap, memliki keunggulan dalam kualitas gambar. Kualitas gambar pada Corel Draw tidak bergantung pada resolusi sehingga suatu gambar jika diperbesar atau diperkecil maka kualitas gambarnya tetap baik atau tidak pecah. Keunggulan lainnya yaitu penyimpanan ukuran file yang lebih kecil, dan mudah digunakan untuk mendesain ilustrasi atau mendesain font.

Dibalik keunggulan-keunggulan tersebut Editor Grafis berbasis vektor memiliki keterbatasan dalam mendefinisikan warna dan membuat gradiasi warna. Warna yang tersedia dalam editor grafis umumnya masih sederhana dan pembuatan gradiasi warna tergantung pada keahlian para desainer. Namun keterbatasan ini telah diminimalisasi oleh Corel Draw dengan fitur terbarunya pada versi Corel Draw X5 yang diluncurkan pada tahun 2010.

Sebagai penutup ulasan tentang Corel Draw pada versi X6 terbarunya menawarkan New Color Management, Web Graphics, High Value Digital Content, Animation Tools, dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat. And for the next post, kita kupas tuntas si corel.

0 comments:

Post a Comment